Om Swastiastu Om

.

Buda Kliwon Gumbreg


Buda Kliwon Gumbreg merupakan Rainan yang berdasarkan pada pertemuan Pancawara yaitu Kliwon dan Saptawara yaitu Buda. Di samping itu pada hari ini juga bertepatan dengan Rainan kajeng Kliwon yang merupakan pertemuan Triwara yaitu Kajeng dan Pancawara yaitu Kliwon.

Hari Buda Kliwon ini dikenal dengan hari penyucian Sang Hyang Ayu atau Sang Hyang Nirmala Jati, persembahan ditujukan kepadaNya.

Beberapa tempat suci di Bali yang melakukan Petirtan (odalan) di hari Rainan ini, karena memang Rainan ini merupakan salah satu Rainan utama mengingat bertemunya Buda Kliwon dan Kajeng Kliwon di hari ini.

Pertemuan Buda Kliwon dan Kajeng Kliwon memberikan arti yang sangat dalam karena berdasarkan pengider Buana saat itu adalah beryoganya Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasi Beliau sebagai Dewa Mahadewa. Penganut Hindhu diharapkan bersembahyang memohon keselamatan dan kesejahteraan alam semesta beserta isinya.

Buda Kliwon Gumbreg yang jatuh pada tanggal 16 April 2014 menjadi sangat istimewa karena cocok untuk melakukan upacara Pecaruan untuk menetralkan buana agung dan buana alit.

0 komentar:

Posting Komentar