Om Swastiastu Om

.

Rainan Sabuh Mas (Selasa, 11 Mar 2014) - Penghormatan untuk Raja Berana


Rainan Sabuh Mas, yang datang 210 hari sekali pada hari Anggara Wage Wuku Sinta atau sehari setelah Rainan Soma Ribek, adalah Pesucian Sang Hyang Mahadewa dengan melimpahkan restunya pada  Raja Berana seperti logam mulia, (emas, perak), harta, permata, manik dan sebagainya. Pemujaan terhadap Hyang mahadewa sebagai tanda bersyukur semoga selalu melimpahkan restunya pada harta dan barang-barang berharga termasuk perhiasan dengan mengadakan upacara yadnya/widhi widhana.

Umat disarankan melakukan asuci laksana, mencurahkan penghargaan penuh dengan rasa syukur atas keberadaan mas manik raja berana serta benda-benda berharga lainnya, secara fisik diwujudkan dengan mengadakan Widhi Widhana sebagaimana biasanya. Lakukan pembersihan, pemeriksaan keadaan, serta pemeriksaan keamanan dan pengamanannya.


Semuanya dilakukan dalam kerangka rasa syukur atas karunia Sanghyang Widhi Wasa. Segalanya berasal dari ijin dan restu beliau, oleh karena itu apabila beliau kehendaki terjadinya sesuatu hal yang memisahkan kita dari mas manik raja berana ini, siaplah batin kita melepaskan segalanya tanpa rasa berat hati. Ikatan duniawi seperti mas manik raja berana bukanlah ikatan yang lebih berharga dari ikatan kita kepada beliau Sanghyang Widhi Wasa.

Disarikan dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar