Om Swastiastu Om

.

Ribuan Umat Hindu Padati Pura Agung Kentel Gumi - Puncak Pe"ngusabaan" Jagat


 
Bertepatan dengan Purnamaning Kelima, Minggu (17/11/2013) lalu, berlangsung puncak karya Pangusabhan Jagat di Pura Agung Kentel Gumi. Puncak Pangusabhan Jagat ini dihadiri ribuan umat Hindu di Bali yang pedek tangkil ke Pura Pusehnya jagat Bali ini. Ida Batara katur nyejer selama sebelas hari, sebelum kasineb pada Kamis (28/11/2013) mendatang.

Pura Agung Kentel Gumi dikenal sebagai salah satu bagian dari Tri Guna Pura (Kahyangan Tiga-nya jagat Bali). Pura Agung Kentel Gumi sebagai Pura Pusehnya untuk memohon kedegdegan jagat, Pura Batur sebagai Pura Desanya untuk memohon kesuburan jagat dan Pura Agung Besakih sebagai Pura Dalemnya jagat Bali. Sesuai dengan dudonan karya Pangusabhan Jagat di Pura Agung Kentel Gumi, puncak karya diawali dengan Caru Manca Sanak, di Bale Agung Pura Agung Kentel Gumi, kapuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Manuaba dari Geria Gede Tusan dan Ida Pedanda Gede Putra Dharma dari Geria Buda Tusan.

Setelah itu, digelar upacara Pangusabhan Jagat di Utama Mandala Pura Agung Kentel Gumi, sekitar pukul 14.00 wita. Karya Pangusabhan Jagat ini kapuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Tembau dari Geria Gede Aan. Saat itu juga diselenggarakan wewalen tarian sakral Bali Rejang Dewa. Di saat bersamaan, juga dilaksanakan upacara majejiwan di paselang Pura Agung Kentel Gumi, di mana saat itu juga digelar wewalen Baris Gede, Topeng Sida Karya dan Wayang Gedog. Untuk upacara majejiwan ini, kapuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Dharma dari Geria Buda Tusan, Ida Pedanda Gede Putra Manuaba dari Geria Gede Tusan, Ida Pedanda Nyoman Telaga dari Geria Telaga Banjarangkan dan Ida Pedanda Istri Geria Gede Tusan.

Manggala Prawataka Karya Pangusabhan Jagat, Ngakan Putu Gede Bawa mengatakan, usai melaksanakan puncak karya Pangusabhan Jagat, mulai Senin (18/11) kemarin, dilakukan upacara nganyarin oleh masing-masing kabupaten/kota di Bali. Dia juga tetap mengharapkan selama Ida Batara katur nyejer selama sebelas hari, umat Hindu di seluruh Bali pedek tangkil ngaturang bakti sebagai wujud bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi dan manifestasinya di Pura Agung Kentel Gumi. Pura Agung Kentel Gumi merupakan salah satu Pura Kahyangan Jagat yang terletak di Banjar Tusan Kawan, Desa Pakraman Tusan, Banjarangkan, Klungkung. Pura ini didirikan oleh Mpu Kuturan dan disempurnakan oleh Dinasti Kresna Kepakisan, sebagai tempat memuja Sang Hyang Reka Bhuana.
 
Sumber : balipost

0 komentar:

Posting Komentar