Om Swastiastu Om

.

Puncak Pujawali Hari Ini ''Pamedek'' Mulai Padati Pura Dalem Ped


Pamedek dari seluruh Bali mulai memadati Pura Dalem Ped Nusa Penida. Puncak pujawali yang diselenggarakan setiap enam bulan sekali ini akan jatuh pada Buda Cemeng Klawu, Rabu (26/12) ini. Aktivitas penyeberangan di pelabuhan tradisional Banjar Bias, Kusamba, Dawan, Klungkung pun sudah nampak ramai sejak Minggu (23/12) lalu.

Kelian di Pura Dalem Ped Ketut Adi, Selasa (25/12) kemarin menyampaikan terkait pujawali di Pura Dalem Ped, Nusa Penida, pamedek dari seluruh Bali sudah mulai ramai sejak Senin. Sementara puncak pujawali akan berlangsung hari ini dan akan nyejer selama lima hari. Untuk memperlancar arus lalu lintas selama pelaksanaan Pujawali, pihak panitia Pujawali sudah menyediakan lahan parkir seluas 40 are yang terletak di sebelah barat Wantilan Pura. Ketut Adi juga mengimbau agar para pamedek yang datang ke Pura Dalem Ped menggunakan pakaian ada yang wajar, khususnya untuk para remaja, diharapkan menggunakan pakaian adat yang sopan, sesuai dengan pakaian adat orang yang bersembahyang. Karena selama ini dia mengakui tidak sedikit pemedek berpakaian tidak sopan. Misalnya remaja putri menggunakan kain di atas lutut. "Para pemedek juga diimbau agar ikut menjaga ketertiban dan kebersihan Pura di sini", katanya.

Untuk menjaga keamanan pamedek ke Pura Dalem Ped, Kapolsek Nusa Penida Kompol Wayan Sarjana, Selasa (25/12) kemarin mengatakan sudah mengeluarkan surat perintah pengamanan. Dalam surat tersebut, sebanyak dua regu sudah disiagakan di Pura Dalem Ped. Masing-masing regu yang beranggotakan 10 orang personil tersebut bertugas untuk mengatur lalu lintas, dan parkir di seputaran Pura Dalem Ped selama pelaksanaan Pujawali. Dua regu lainnya, juga disiagakan di masing-masing dermaga di Nusa Penida untuk memberi rasa aman kepada pamedek yang akan melakukan persembahyangan. "Puncak kepadatan pamedek diperkirakan akan terjadi besok (hari ini), karena merupakan puncak Pujawali", kata Sarjana.

Sementara dari pantauan di Pelabuhan Banjar Bias, salah satu petugas Dinas Perhubungan Made Sedana Yoga kemarin juga mengatakan memang terjadi lonjakan penyebrangan ke Nusa Penida. Penyebrangan dikatakan berjalan lancar karena didukung cuaca cerah yang mendukung penyebrangan menuju lokasi.

Sumber Balipost

0 komentar:

Posting Komentar