Om Swastiastu Om

.

“Tawur Agung” dan “Pedanaan” di Pura Dalem Tengaling Pejeng


Gianyar (Bali Post)-

Serangkaian Karya Agung Ngenteg Linggih, Nubung Padagingan dan Ngusaba Dalem di Pura Dalem Tengaling, Jero Kuta Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Kamis (22/11) kemarin dilaksanakan upacara Tawur Agung dan Pedanaan. Prosesi yang diikuti ribuan warga sajebag Jero Kuta Pejeng dan sameton Agung Pemayun Tatiapi, Pejeng Kawan, dipuput tujuh sulinggih.

Prosesi upacara Tawur Agung dan Pedanaan dihadiri Wakil Gubernur Bali A.A. Puspayoga, Wabup Gianyar Dewa Sutanaya, Penglingsir Puri Peliatan Cok Gde Putra Nindia dan sejumlah undangan lainnya.

Bendesa Pakraman Jero Kuta Pejeng Cokorda Rai Pemayun menjelaskan, karya agung ini dilaksanakan setelah rampungnya sejumlah palinggih di Pura Dalem Tengaling. Rangkaian karya agung ini mulai dilaksanakan sejak 3 Oktober 2012 lalu diawali dengan nyukat genah dan nanceb yang dilaksanakan Ida Pedanda Wayahan Bun, Griya Sanur Pejeng selaku Yajamana Karya. ''Karya agung ini kasanggra oleh 1.336 KK Jero Kuta Pejeng dan sameton Agung Pemayun Tatiapi,'' jelasnya.

Karya serupa terakhir dilaksanakan 55 tahun lalu. Untuk pelaksanaan karya sudah dimulai sejak 3 Oktober 2012 dan puncak karya akan jatuh pada Anggara Kasih, Selasa (27/11) dan nyineb pada 8 Desember 2012 bertepatan dengan Saniscara, Umanis, Bala.

Prosesi pedanaan dipuput tujuh sulinggih. Di antaranya, Ida Pedanda Wayahan Bun (Yajamana Karya), Ida Pedanda Gde Kemenuh (Ketewel), Ida Pedanda Griya Aan, Klungkung, Ida Pedanda Taman Sari Pawukudan (Batuan), Ida Pedanda Budha Taman (Sukawati), Ida Pedanda Nabe Griya Padang Tegal Delodan dan Rsi Bujangga Griya Angkling Gianyar.

Sehari sebelumnya, tepatnya Rabu (21/11), sudah dilaksanakan upacara Melasti ke Pantai Masceti, Keramas, Blahbatuh dan dilanjutkan dengan Mendak Bagia Pulakerti di Pura Penataran Sasih yang diikuti ribuan krama panyungsung Pura Dalem Tengaling

Sumber: Balipost

0 komentar:

Posting Komentar