Om Swastiastu Om

.

Tip Prosedur menggoreng Bumbu (Sambal) Bali

Sering kita dihadapkan pada situasi dimana kita ditugaskan untuk menggoreng bumbu/base dalam kegiatan nge-lawar di bale banjar di pedesaan di Bali. Kita diserahin tanggung jawab untuk membereskan masalah goreng-menggoreng tanpa diberikan petunjuk yang memadai. Sebagai seorang new-bie, tentu hal ini akan menjadikan kita bingung, apa yang mesti digoreng terlebih dahulu?, Apakah cabe, terasi atau bawang?, apabila salah prosedurnya maka akan menjadikan kita boros akan minyak goreng.

Penulis berhasil berdiskusi dengan seorang tokoh nge-lawar dan mendapatkan rincian prosedur yang harus dilakukan dalam hal menggoreng bumbu/base. Berikut adalah tips dalam menggoreng base bali :
  1. Bawang merah. Yang pertama harus digoreng adalah bawang merah, setelah diangkat dari penggorengan biasanya dicampur dikit dengan gula pasir tujuannya agar keringnya lebih tahan lama
  2. Cabe. Yang kedua harus digoreng adalah cabe, jangan terlalu lama agar kesegerannya masih terasa
  3. Terasi. Selanjutnya adalah terasi, campur sedikit dengan garam agar jangan batuk kalau menghisap asapnya
  4. Base sune cekuh (bawah putih + kencur), ini adalah base/sambal yang didominasi bawah putih + kencur
  5. Base Rajang. Dilanjutkan dengan menggoreng base rajang, base rajang merupakan campuran semua unsur bumbu, tapi dalam prosesnya hanya dirajang
  6. Base Gede. Terakhir digoreng adalah Base Gede, unsur base gede adalah sama dengan base rajang, bedanya adalah base gede diintuk (dihancurkan dengan mesin agar halus)
Setelah semua siap, maka dimulailah proses ngadukang lawar. Proses ini disesuaikan dengan selera, mungkin ada dari para pembaca yang bersedia mengupas?.

Jadi selamat ngelawar, pakailah tip menggoreng base bali di atas



0 komentar:

Posting Komentar