Om Swastiastu Om

.

Kisah Leak 12 - Celepuk (Burung Hantu)

Kisah ini dialami oleh seorang wanita paruh baya waktu dia masih muda sebut saja namanya Mbok M. Diceritakan bahwa berdekatan dengan hari raya Nyepi, si Mbok M sendirian berada dirumahnya, karena kedua orang tuanya sedang di sawah untuk menjaga tanaman, sedangkan kakaknya sedang merantau di tempat yang jauh.

Waktu itu belum ada listrik, jadi penerangan di rumah yang digunakan adalah lampu sentir, tetangganya si Mbok M yang merupakan orang kaya menggunakan lampu petromaks.

Mbok M ditugaskan oleh ibunya dalam rangka hari raya Nyepi untk membuat jajanan Bali yang akan dipakai bekal waktu Nyepi nanti.

Saking bersemangatnya, si Mbok M membuat jajanan dengan tidak memperhatikan waktu, saking asyiknya, dia tidak menyadari bahwa waktu sudah lewat tengah malam.

Keanehan baru dirasakan olehnya ketika udara semilir dingin menerpa wajahnya, dan lamat-lamat di Mbok  M mendengar ada suatu suara yang mengitari rumahnya. Dia dengan seksama mendengarkan suara tersebut, ternyata suara tersebut adalah suara burung hantu yang berbunyi " puk, puk, puk". 

Sebenarnya si Mbok M sudah terbiasa mendengar suara burung hantu, yang dirasakan aneh olehnya adalah suara tersebut mengitari rumahnya berkali-kali. 

Dengan sangat penasaran si Mbok M mencoba untuk mengintip lewat lubang yang kebetulan terdapat di dinding rumahnya. Rasa penasaranpun menjadi semakin besar tatkala suara burung hantu itu mendekat ke posisi dekat dinding tempat dia mengintip. 

Si Mbok M terperangah ketika melihat bahwa yang bersuara tersebut memang menyerupai burung hantu, tapi besarnya sebesar manusia dan bisa berjalan kaki selayaknya manusia, dengan menahan nafas si Mbok M akhirnya menunggu agar mahluk itu berlalu, dan kemudian dia berhenti membikin jajanan karena takut akan mahluk tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar